Saturday, February 25, 2017

Cara Berbisnis Online dengan mudah

Cara Berbisnis Online dalam Tiga Tahap

Seperti yang selalu saya bilang, bisnis online itu kurang lebih sama saja dengan bisnis normal di dunia nyata. Setiap bisnis itu mendapatkan uang dengan cara menukarkan value yang ia miliki dengan aset (uang) orang lain. Dan bisnis itu, di mana- mana butuh tiga hal:
  • Penawaran (produk atau jasa)
  • Pengunjung (trafik atau views)
  • Konversi (kemampuan untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli)

Contoh gampang adalah restoran dan/atau jasa laundry…
Mereka punya penawaran berupa makanan dan jasa laundry. Mereka memilih tempat dimana banyak pengunjung (tidak mungkin restoran buka di sebelah kuburan). Dan mereka berusaha untuk mengkonversi dengan menawarkan harga yang kompetitif, rasa yang enak, layanan yang cepat, menu yang variatif, dan lain- lain.

Hal yang sama juga berlaku pada bisnis online atau bisnis apapun.
Anda pasti tahu bahwa tidak ada jalan sukses yang mudah, dan meskipun ada banyak keunggulan dalam bisnis online, bukan berarti bisnis ini mudah. Kembali ke topik, mari kita bahas satu persatu tentang cara berbisnis online dalam tiga langkah ini.


Elemen Bisnis Online #1: Penawaran 

Anda harus pastikan bahwa anda punya sesuatu untuk ditawarkan pada orang lain. Sesuatu yang bisa anda jual. Hal ini bisa berupa produk dan jasa. Jika anda blogger, yang anda jual sebenarnya adalah potensi klik atau pengunjung yang bisa pengiklan anda dapatkan. Namun jika anda tidak atau belum punya keahlian untuk menghasilkan pengunjung ribuan orang per hari ke situs anda, saya sarankan anda cari hal lain untuk ditawarkan.

Dengan memiliki produk atau jasa, trafik atau pengunjung yang sedikit tidak masalah karena anda akan tetap menghasilkan uang. Setelah anda memiliki produk, anda perlu tempat untuk meletakkan produk anda dalam sebuah ‘tempat’ di internet.

Untuk melakukan hal ini ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, anda bisa membuat website anda sendiri (bisa berupa website profesional atau blog gratis di Blogger), atau dengan menumpang tempat di Facebook, TokoBagus.com, dan lain- lain. Saya jelaskan secara detail di post ini: Bisnis Online Tanpa Modal.

Elemen Bisnis Online #2: Pengunjung

Menurut saya ini adalah hal yang relatif paling sulit. Karena kontrolnya terletak di luar tangan kita dan ada banyak hal yang mempengaruhi. Namun, saya akan coba jelaskan semua cara mendapatkan trafik yang bisa anda coba.

Jika anda menggunakan situs seperti TokoBagus.com, Facebook.com, atau menggunakan forum sebagai tempat anda untuk memajang produk atau jasa anda, maka sebenarnya secara default sudah ada pengunjung yang akan melihat penawaran anda.

Yang anda perlukan hanya tinggal memaksimalkannya.

Namun jika anda menggunakan website anda sendiri, maka anda perlu tambahan cara lain, karena orang tak akan mampir ke situs yang mereka tidak ketahui — oleh karenanya situs anda harus bisa ‘dilihat’ oleh orang lain sehingga bisa dikunjungi.

Search Engine

Cara pertama yang sering digunakan orang adalah dengan mencoba me- listing situs mereka ke mesin pencari (search engine seperti Google).

Secara default sebenarnya blog anda (Blogger ataupun WordPress) sudah melakukan ping ke search engine untuk memastikan bahwa situs anda ter- index oleh search engine.

Namun tidak ada salahnya untuk mengoptimalkan hal tersebut sehingga tidak hanya ter- index, melainkan situs anda juga tampil di ranking tinggi di mesin pencari pada kata kunci yang anda inginkan. Hal inilah yang sering dipanggil Search Engine Optimization (SEO).

Cara Lain Mendapatkan Pengunjung Selain Search Engine

Manfaatkan situs lain, anda bisa menggunakan Facebook.com untuk mempromosikan post atau produk anda, membagikan situs anda ke situs seperti Digg.com atau StumbleUpon.com, buat banyak video dan promosikan melalui YouTube.com, DailyMotion.com, Vimeo.com dan lain- lain, berkontribusi di blog atau situs orang lain, promosi di forum, dan banyak lagi…

Ada sangat banyak cara mendapatkan trafik, saya tidak akan membahas semua cara karena terlalu banyak.

Namun ingat, jika anda punya produk atau jasa (bukan sekedar blogger dengan modal hanya tulisan), tidak butuh pengunjung ribuan untuk pendapatan jutaan rupiah per bulan. Biasanya trafik dari search engine dan kenalan anda sudah cukup.

Elemen Bisnis Online #3: Konversi

Ini adalah aspek yang paling menyenangkan dari bisnis. Mengubah pengunjung menjadi pembeli. Dan yang menarik dari bisnis online adalah kurang lebih anda bisa mengotomatisasikan hal ini.

Jika anda berjualan produk informasi seperti saya, anda pasti familiar dengan payment processor bernama PayPal.

Anda bisa membuat tombol beli menggunakan PayPal, dimana setelahnya anda tak perlu melakukan apapun untuk menangani transaksi (karena PayPal sudah secara otomatis menangani pembelian dan mengantarkan pembeli anda ke produk yang ia beli).

Itu hal yang paling utama dari mengubah pengunjung menjadi pembeli, yaitu memiliki cara agar pengunjung bisa membeli dari kita. Jika kita memiliki produk dan trafik yang berlimpah, tapi kita tak memberi informasi tentang cara membeli, mereka tak akan membeli dari kita. Sesederhana itu.

Jika anda menjual produk fisik atau jasa secara online, anda bisa menerima pembayaran secara transfer. Pastikan anda mencantumkan cara pembayaran dan cara agar calon pembeli anda bisa mengkonfirmasikan pembayarannya pada anda.

No comments:

Post a Comment